Selamat Tahun Baru

nadin

Selamat tahun baru 2014 dari Sudut Baca Kecil. Memang tahun baru sudah lewat beberapa minggu, tapi lebih baik terlambat daripada gak ngucapin sama sekali. :p

Kami masih terus membaca buku, bagaimana dengan kalian? πŸ™‚ Mulai dari saat ini saya akan terus melanjutkan menulis revisi buku yang menurut kami baik untuk diperkenalkan kepada anak-anak. Saya juga akan membantu teman-teman di Indonesia yang mau membeli buku-buku anak dalam bahasa Inggris dan Mandarin. Yang berminat, silahkan hubungi saya lewat Facebook page Sudut Baca Kecil (catatan : ini bukan pekerjaan utama saya πŸ™‚ ).

Buku itu ibarat pintu ke mana saja-nya Doraemon. Lewat membaca buku, anak-anak bisa diajak berimaginasi. Mungkin saat ini anda tinggal di kota yang tidak pernah mungkin ditutupi salju, namun anak anda bisa ikut “merasakan” dan mengenal salju yang dingin lewat cerita di dalam buku. Bukan hanya pengetahuan umum yang kita bisa dapatkan lewat membaca buku, tapi daya kreativitas kita juga dibentuk bahkan lewat cerita-cerita “tidak masuk akal” yang tidak mungkin terjadi di dunia kita. Mana ada gajah yang bisa berbicara? Adakah titik hujan yang bisa mempunyai perasaan? πŸ™‚

Ilustrasi yang sesuai untuk usia dan jalan cerita, juga bisa membantu anak anda untuk melihat dunia dengan lebih baik dan tentunya menjadikan mereka anak-anak yang lebih baik. Coba bayangkan apabila seorang anak kecil dikasih bacaan yang penuh dengan horor dan kekerasan? 😦 Sangat disayangkan, bukan?

Untuk anak yang belum bisa membaca dan belum begitu mengerti kata-kata yang tertera di buku, ilustrasi sebuah buku sangat berguna untuk membentuk gambaran di dalam benak mereka. Namun, saat anak sudah bisa membaca (walaupun masih belum lancar), saya menyarankan agar mereka bisa segera membaca buku novel anak-anak (Chapter Books) dengan gambar yang minim.

Saat mereka sudah bisa menikmati kata-kata dan tidak mengandalkan ilustrasi untuk membentuk imaginasi mereka, mereka akan bisa menciptakan sebuah ilustrasi original di dalam benak mereka sendiri. Itulah saat yang tepat untuk mengajarkan mereka menuangkan daya imaginasi mereka lewat hasil karya mereka, apapun itu talenta mereka.

Apakah anda juga mau anak anda juga menjadi seseorang yang berkarya (Creator), bukan hanya seseorang yang hanya berpengetahuan dan beride cemerlang, tanpa ada realisasi dari kepandaian mereka? Saya rindu sekali anak-anak saya bisa menjadi orang-orang yang bisa berkarya di dalam bidang yang mereka suka.

Yuk, untuk saat ini, mari kita membaca dulu….. πŸ™‚

Leave a comment